Hydrogen Embrittlement


Penggetasan hidrogen adalah suatu proses hilangnya daktilasi baja dengan terserapnya hidrogen ke dalam struktur material baja. Proses yang mengakibatkan penurunan ketangguhan atau keuletan logam karena kehadiran atom hidrogen. Retak yang disebabkan oleh kerusakan hidrogen biasanya terjadi di sepanjang batas butir, karenanya berbeda dengan retak dingin akibat kemasukan hidrogen yang biasanya bersifat transgranular.
Di dalam material baja, atom-atom hidrogen ini bergabung menjadi molekul (H­2­­) dan menyebabkan terjadinya regangan lokal yang hebat. Jika baja cukup ductil maka kemungkinan dapat bertahan terhadap regangan lokal ini. Namun jika baja getas dan keras, maka akan terjadi retak-retak halus, yang kemudian menjadi besar dan mengakibatkan kegagalan materil.Terdapat dua jenis penggetasan hidrogen:
1.     Pertama dikenal sebagai embrittlement internal hidrogen, terjadi ketika hidrogen memasuki logam cair yang menjadi jenuh dengan hidrogen segera setelah solidifikasi.

2.     Tipe kedua, embrittlement hidrogen lingkungan, hasil dari hidrogen yang diserap oleh logam padat. Ini dapat terjadi selama perawatan thermal ditinggikan-suhu dan layanan selama lempeng listrik, kontak dengan bahan kimia pemeliharaan, reaksi korosi, proteksi katodik, dan beroperasi di hidrogen bertekanan tinggi.

Dengan tidak adanya sisa stres atau loading eksternal, lingkungan hidrogen embrittlement diwujudkan dalam berbagai bentuk, seperti terik internal retak, pembentukan hidrida, dan mengurangi keuletan. Dengan tarik stres atau stres-intensitas faktor melebihi ambang batas tertentu, hidrogen atomik berinteraksi dengan logam untuk menginduksi pertumbuhan retak subcritical terkemuka untuk fraktur. Dalam ketiadaan reaksi korosi (terpolarisasi cathodically), istilah biasa yang digunakan adalah cracking(HAC) berbantuan hidrogen atau hidrogen stres retak (HSC).
Dengan aktif korosi, biasanya sebagai lubang atau celah-celah (terpolarisasi anodically), retak umumnya disebut stres-korosi cracking(SCC), tetapi harus lebih benar disebut berbantuan hidrogen stres-korosi retak (HSCC). Dengan demikian HSC dan electrochemically anodic SCC dapat beroperasi secara terpisah atau di combination(HSCC). Di beberapa logam, seperti tinggi kekuatan baja, mekanisme diyakini semua, atau hampir semua, HSC. Berpartisipasi mekanisme HSC tidak selalu diakui dan mungkin dievaluasi di bawah judul generik SCC.
Hydrogen embrittlement juga digunakan untuk mendeskripsikan susunan dari zirkonium hidrida dan menunnda keretakan hidrida. 

8 komentar:

Klo bingung, komen boleh kok :D